Kamis, 12 Juli 2012

(senyum untuk berbagi) senyum puas setelah berjelajah ria

Semenjak saya berada di ranah Minang ini, saya baru ngeh kalau saya mempunyai hobi baru yaitu jalan-jalan! Padahal sebelumnya saat masih di pulau Jawa yang begitu padat itu, saya tergolong termasuk anak rumahan yang jarang plesiran ke mana-mana. Pun sewaktu kuliah dulu (yang mana ndak bisa jadi anak rumahan mulu tentunya) masih keitung jarang pula jalan-jalan. Jalan-jalan yang ada pun paling terpaksa karena ada acara bersama atau semacamnya.

Nah, karena tuntutan profesilah kemudian saya terpaksalah pula berkenalan dengan alam luar Jawa, lebih tepatnya di Painan, Sumatera Barat ini. Maklum, di sanalah jua penghasilan hidup dapat saya dapatkan hehehe. Yah, lembaran kehidupan semakin berwarna dengan merantaunya diri memang .

Setahun sudah saya di sini (setahun lebih 22 hari lebih tepatnya hihihi diitung banget) dan yaks dari rentang waktu tersebut jadilah saya penjelajah di Ranah Minang ini. Alam dan pesona budayanya itu begitu kaya di sini, jadi sayanglah sekali jika momen selama di sini tidak dimanfaatkan untuk menikmatinya, bukan?

Tersebutlah kemudian Jam Gadang, Air Terjun Timbulun, Pantai Aie Manih, Pantai Muaro, Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan Akar, Air Terjun Bayang Sani, Pantai Carocok, Bukit Langkisau, Pantai Gandoriah, Taman Raya Bung Hatta, Museum Adityawarman, Masjid Raya Ganting, Masjid Burhanuddin Ulakan Karang, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Pelabuhan Carocok Tarusan, Ngarai Sianok, Benteng Fort De Kock, Lembah Harau, dan apalagi yaks?  Bener-bener dah, dengan membuat daftar ini aja saya merasa sudah menjelajahkan kaki saya ke mana-mana.

Salah satu hal senantiasa ada tiap penjelajahan itu adalah senyum puas yang terkembang pada wajah saya karena akhirnya suatu keinginan penjelajahan bisa dicapai jua. Alhamdulillah sesuatu banget dah pokoknya hehehe. Senyum yang terkembang ini merupakan salah satu bentuk juga dari bagian saya memaknai kata jelajah pada hakikatnya...

Lalu, seperti apakah bentuk senyum saya setelah puas berjelajah ria itu? Ini nih contohnya...

(foto-foto lebih lengkapnya ada di album yang ini http://nanazh.multiply.com/photos/album/44/sungai-nipah , silakan berkunjung )

Foto ini diambil manakala penjelajahan saya bersama Spesial Travelmate saya di daerah Sungai Nipah, arah selatan Painan, pada akhir bulan April 2012 yang lalu. Daerah Sungai Nipah ini sebenarnya bukan tempat wisata, namun saat kami melewati daerah ini, kami menemukan pesonanya yang tersembunyi. Daerah ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan pasir putih dan air laut yang begitu jernih berwarna kebiruan. Kombinasi ini kemudian dipercantik dengan gugusan perbukitan nan hijau yang dekat dengan ujung-ujung garis pantai dan juga alaminya dengan pemukiman nelayan yang ada di sekitarnya.

Jelaslah sudah, dengan menemukan pesona yang tersembunyi ini ya tentu senyum saya merekah dengan sendirinya dan jadilah pula momen yang pas untuk didokumentasikan hihihi. Melihat hasil fotonya yang dijepret oleh travelmate saya, wow saya tercengang. Pas banget dah! Latar belakangnya keren sekeren senyuman orang yang ada di sana hehehe. Walau ya minusnya di foto itu wajah saya tampak gosong karena sudah plesiran seharian di bawah terik matahari dan keliatan betapa menggembulnya badan saya huhuhu.

Ya sudahlah dicukupkan saja anasisme-nya untuk kali ini. Mohon maaf ya kalau ada yang kurang berkenan karena saya sudah menjadi pengganggu dari keindahan latar belakang foto saya ini hehehe. Malah memang seharusnya ada sayanya biar bisa diikutkan pada lomba Senyum Untuk Berbagi yang saya ikuti kali ini hehehe...

Painan, 12 Juli 2012, 22.24

80 komentar:

  1. oo ini to mas anas
    manis kayak saya :D

    BalasHapus
  2. hahaha ajang show off gitu boleh kan hihihi... eh, la mas Adam kek gimana nih biar bisa dibuktikan kesamaan manisnya ahahaha

    BalasHapus
  3. udah keliatan muka bolangnya, nas. sering berjemur :))

    BalasHapus
  4. bagus bgt poto yg ini pemandangannya..pernah dpke poto efbi jg kayake ya...xixixixi

    BalasHapus
  5. kegosongan ini takutnya semakin permanen huhuhu... orang-orang asli sini juga kulitnya cenderung gosong... yaeyalah maklum pesisir pantai gitu hihihi

    BalasHapus
  6. iya makanya dipilih buat lombanya hohoho...heem, betul sekali pernah saya pajang jadi propic di FB... inget aja... sekarang mah sedang diganti dengan yang satu inifotonya di depan pintu gerbang Masjid Raya Medan hihihi

    BalasHapus
  7. ditunggu nih... biar terbuktikan kemanisan mas hihihi

    BalasHapus
  8. iya nih nunggu poto senyum pak adaaammm :D

    BalasHapus
  9. narsis tiada tara mas nanazh XDD

    BalasHapus
  10. yaaa baiklaah
    klo bgt sy timbang2 lg haha

    BalasHapus
  11. Kalau gak salah ini pernah jadi profpict facebook :p
    Semoga menang Nas.. Hehee

    BalasHapus
  12. seperti ada upaya menggalang untuk menjadikan mas Adam menunjukkan kenarsisannya ahahaha

    BalasHapus
  13. jujur saya pun takjub keheranan ketika saya mengumpulkan foto anasisme yang solo dalam satu folder...

    ada buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak soalnya hehehehe

    BalasHapus
  14. semakin ditunggu

    jangan sampai penggalangan massa semakin bertambah lo mas hehehe

    BalasHapus
  15. senyum adalah ibadah memang ya mas... :)

    BalasHapus
  16. iyaaaaaaaa ingatannya tajam juga sama si Catur hehehe
    maklum jarang2 ada foto sekeren ini nih

    fotomu bareng Hanoman itu tapi lebih berasa lucunya... aseli bisa bikin orang tersenyum pula...
    jadi kalau kau yang menang, traktiran juga ya hehehe

    BalasHapus
  17. Tersenyum soalnya mirip? hahaa
    Aminn.. Mreneo wes, tak traktir sembarang, sak karepmu.. :p

    BalasHapus
  18. kapan lagi coba foto sama hanoman...

    kalau dirimu bolehlah dibilang Hanomannya Surabaya, gimana?

    yeee malah mempersyaratkan ke sono dulu nih... kesempatannya belum ada, bung :(

    BalasHapus
  19. Halahh.. sekarang malah dibilang hanomane Suroboyo..
    ya gimana lagi nas. masa saya yang kesana :p..
    Nanti lah, pasti ada kesempatan Nas.. hehee

    BalasHapus
  20. 365 + 22 = 387 hari.

    Dikurangi masa libur, cuti bersama, tugas Dinas Luar, jadi... rasa-rasanya kurang dari itu deh, Mas...

    *hallah... diitung beud*

    BalasHapus
  21. Horeeee anas ikutan juga... Ternyata setahun aja udah banyak tempat yah yg dikunjungi...

    BalasHapus
  22. Senyumnya, memang menandakan kepuasan koq, hihihi...

    BalasHapus
  23. Senyumnya, memang menandakan kepuasan koq, hihihi...

    BalasHapus
  24. enaknya bisa jalan2 sepuasnya, mumpung ada kesempatan ya Nas.

    BalasHapus
  25. Kok senyumnya sendirian aja, mas? :) Biasanya khan ngajak anak-anak yg bermain di sana.

    BalasHapus
  26. hanoman oh hanoman....

    pokoknya nanti tempat ketemuan kita kudu spesial lah ya... bukan sesuatu tempat biasa... oke? hehehehe

    BalasHapus
  27. happy travelling always Uda...

    your place is such an interesting place really

    BalasHapus
  28. masa libur kan jadi waktu plesiran mbak..

    tapi memang itu masih bruto banget... ada masa2nya ndak di Ranah Minang alias balik ke Jawa hihihi
    *ngitung nettonya jadi males dah ~_~a*

    BalasHapus
  29. inspired by you, juga nih kak... kan temanya sama2 tentang plesiran nih hehehe

    yah begitulah penjelajah amatir macam saya ini sudah mbolang ke mana-mana... hehehe

    BalasHapus
  30. alhamdulillah perjalanannya tidak sia-sia soalnya mas hehehe

    BalasHapus
  31. iyaaaaaaa Mr. Moz... sayang banget kalau kesempatan liburan cuman diabaikan begitu saja,,,,

    BalasHapus
  32. pengennya sih gitu mas seperti foto yang dulu di Jakarta  lebih kerasa feel senyumnya ya sebenarnya... cuman foto ini udah lama... dan saat foto yang saya masukkan lomba ini lebih update, cuman ya ndak ada anak kecilnya buat foto bareng huhuhu

    BalasHapus
  33. Tanya deh mas sama yang asli situ, kalek itu apa.? He2. Kale(k)
    K dalam kurung seperti alif di waqof. He2.

    BalasHapus
  34. pahit ya? yang penting sih teteup ada manisnya kan mas hihihi

    BalasHapus
  35. Menurut saya untuk lomba, mending yg ini, mas, kerasa banget berbagi cerianya :)
    Saya suka banget melihat anak-anak kecil yg berpose ceria / happy

    BalasHapus
  36. Hikmahnya merantau, kan, Naz. Jadi banyak jalan-jalan ;)

    BalasHapus
  37. malah saya baru ingat kalau ada foto ini setelah mas Iwan komentar...

    hmmm apa diikutkan lagi ya? hehehe kan boleh lebih dari satu jurnal

    BalasHapus
  38. Boleh... boleh... boleh... saya dukung untuk menang *halahh

    BalasHapus
  39. Nanaz tampak letih dan gosong ya hehe...

    kt istri saya yg juga pernah ke Padang, pantainya memang indah2. namun kurang pemasaran dan pengelolaan yg baik spt diluar negeri....

    BalasHapus
  40. ahahahaha mas Iwan nih ada ada aja nih...

    BalasHapus
  41. maksudnya tambah keriput yak? :p

    BalasHapus
  42. tapi ya itu mas... puaaaaaaaaas

    memang letih banget... perjalanan kaki sejauh 3km ke situ hehehe... dan itu lewat jalan nembus bukit pula...

    positifnya dengan pantainya yang indah itu, masih kerasa alaminya mas... pengelolaan tempat wisata juga ndak bisa setengah-setengah...

    BalasHapus
  43. betuuuuuuuuuuul... sepakaaaaaaaaat... setujuuuuuu pula :D

    BalasHapus
  44. kenapa ya kok seringnya pada nunjukin dua, eh empat jari seperti itu :D

    BalasHapus
  45. ya gimana ya mas... spontaneously gitu dah hihihi

    BalasHapus
  46. ada tiang benderanya segala hihihi.. komplit dah, sah yaaa :)

    BalasHapus
  47. merah putihe kereeeeen

    *salahfokus

    BalasHapus
  48. mas Anas emang mengganggu pemandangan indah yg dibelakang tuh


    *** kabuurrrr

    BalasHapus
  49. iya itu uniknya foto ini... ngepas berasa nasionalisme banget dah mbak hehehe

    BalasHapus
  50. ke bawah mbak... ke bawah dikit itu...

    ada saya hehehe

    BalasHapus
  51. *abaikan bagian sing ngganggu pemandangan kuwi =))

    BalasHapus
  52. hihihi mas Adam memang lelaki yang tak ingkar janji seperti merpati huhuhu

    BalasHapus
  53. hihihi sudah saya sadari sepenuh hati...
    tapi ya sekali-sekali ndak apa-apalah hehehe

    BalasHapus
  54. uuuuuugh teganya...

    masak diriku diabaikan huhuhu

    BalasHapus
  55. wah kayaknya lautnya bagus ???

    BalasHapus
  56. lautanya tenang ombaknya kecil karena teluk dan yap kombinasi warnanya keren

    BalasHapus
  57. kami semua sudah ngeh dari dulu kalau Anas hobi jalan-jalan ... he he he ...

    BalasHapus
  58. naaaaaaaaaaahhhhh.. sepaaaaakaaaaaaat pake bangeeeeeeeetttttt

    BalasHapus
  59. Mas Hendra... emang sih ada benihnya saat sebelum ke Painan... *bahkan pun dulu kita ketemuan di Bandung kan sekitar seminggu sebelum ke Painan

    jelasnya lebih membludak hasratnya memang

    BalasHapus
  60. Mbak Fajar
    eaaaaa cari penggalangan massa nih

    BalasHapus
  61. salah sendiri pake nyantumin angka segala...

    BalasHapus
  62. iayaya saya yang memulai dan saya yang harusnya mengakhiri *halah

    BalasHapus
  63. lagi-lagi upaya penggalangan massa huhuhu

    BalasHapus
  64. spesial di hatimu kan?

    teteup Salatiga kalau daku

    BalasHapus
  65. perutmu keliatan jelas menggembung gitu nas :p

    BalasHapus
  66. ya pegimana lagi ya tuntutan keadaan...

    penggembulan kan seiring dengan kebahagiaan *ngeles

    BalasHapus